Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Istilah psikologi mungkin tidak asing di telinga kita. Terutama, saat ini banyak sekali rujukan mengenai psikologi di media sosial, media cetak atau melalui televisi. Lalu apa sebenarnya psikologi dan profesi sebagai psikolog itu? 

Menurut Kode Etik Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), psikologi merupakan ilmu yang fokus mempelajari perilaku dan proses mental yang melatarbelakangi, serta penerapan dalam kehidupan manusia. 

Dalam penjurusan ilmu psikologi pada perkuliahan, terdapat dua kelompok untuk ahli ilmu psikologi. Pertama, seseorang yang mendalami ilmu psikologi baik ilmu murni dan terapan yang disebut dengan ilmuwan psikologi. Kedua, seseorang yang memilih menjadikan ilmu psikologi sebagai profesi dan dapat membuka praktik berdasarkan ilmu tersebut dan berhak menyandang titel psikolog. 

Ilmuwan psikologi merupakan seseorang yang ahli dalam bidang ilmu psikologi. Ilmuwan psikologi memiliki kewenangan untuk melakukan penelitian, pengajaran, pengembangan kebijakan, atau pengadministrasian asesmen. Karena bukan profesi psikologi, ilmuwan psikologi hanya boleh melakukan konseling sederhana atau konsultasi. Ilmuwan psikologi dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu kelompok ilmu murni dan ilmu terapan. 

Psikolog merupakan seseorang yang telah memiliki izin praktik psikologi. Psikolog merupakan orang yang telah lulus dari pendidikan profesi yang berkaitan dengan praktik psikologi dan berlatar belakang pendidikan Sarjana Psikologi (Strata 1) serta telah lulus dari pendidikan Magister Profesi Psikologi (Strata 2). 

Profesi psikolog memiliki kewenangan untuk memberikan layanan konseling, penyelenggaraan asesmen, pengembangan instrumen asesmen psikologi, supervisi dalam pelatihan, atau intervensi sosial dan klinis. 

Prospek Kerja Lulusan Psikologi

Berikut ini adalah prospek kerja lulusan psikologi yang dapat kamu pertimbangkan ketika memilih jurusan psikologi: 

Membuka Praktik Konseling Psikologi Sendiri

Syarat untuk membuka praktik sendiri adalah kamu harus memiliki izin praktik dengan menempuh pendidikan profesi psikolog berjenjang S2. Apabila kamu hanya lulusan S1, peranmu hanya sebatas asisten.

Setelah mengantongi izin praktik, kamu dapat memberikan konseling pada seseorang. Selain itu, sebagai psikolog kamu juga harus patuh terhadap kode etik yang telah dihimpun oleh HIPSI.

Konsultan Keluarga dan Pernikahan

Pernikahan tidak selamanya indah. Karena menyatukan dua manusia yang berbeda, seringkali di dalam pernikahan terjadi konflik. Ketika konflik terjadi, sebagian besar pasangan juga tidak dapat menyelesaikan sendiri. Dengan demikian, jalan mediasi perlu ditempuh.

Dalam menjalin hubungan keluarga, terkadang tidak semua hal berjalan dengan baik. Konsultan pernikahan dan keluarga akan memberikan pendampingan bagi keluarga yang membutuhkan bantuan berupa konsultasi psikologi seputar masalah keluarga dan bagaimana menyelesaikan konflik-konflik di sekitar pernikahan dan keluarga.

Profesi ini juga dapat membantu pasangan suami istri dan keluarga sebagai sarana mediasi berkomunikasi sehingga permasalahan dapat diselesaikan.

Untuk menjadi konsultan keluarga dan pernikahan, kamu dapat membuka praktik sendiri atau bergabung dan bekerja dengan lembaga/instansi psikologi.

Psikolog Anak dan Remaja

Anak-anak dan remaja sering kali rentan terhadap kondisi yang mempengaruhi mental serta emosional. Seringkali, jika menghadapi suatu peristiwa yang menyebabkan trauma, anak-anak dan remaja tidak dapat mengekspresikan emosinya.

Karena bekerja dengan anak-anak dan remaja, pendekatan psikolog juga akan beda dan disesuaikan dengan kondisi para kliennya. Psikolog anak dan remaja juga dapat berperan sebagai mediasi konflik antara orangtua dan anak, mengatasi trauma, depresi, stres, hubungan pertemanan, permasalahan di sekolah, hingga mengatasi kesulitan berekspresi. 

Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Berbeda dengan profesi sebelumnya, profesi ini fokus pada anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda.

Profesi ini membantu anak-anak berkebutuhan khusus dalam mengawasi perkembangan anak. Terapis juga bekerja untuk menemukan dan memaksimalkan kemampuan anak sehingga anak memiliki kepercayaan diri dan tumbuh dengan baik.

Konsultan Karir dan Trainer

Konsultan karir merupakan bidang pekerjaan yang membantu seseorang dalam mengembangkan karirnya. Tugas-tugas konsultan karir antara lain menggali potensi klien ketika menentukan karir. Seringkali, seseorang tidak memahami kemampuan diri mereka dan mengalami kebingungan ketika akan menentukan karir.

Konsultan karir juga dapat memberikan masukan bagi perusahaan dalam merekrut karyawan. Selain itu, pekerjaan ini dapat membantu perusahaan atau instansi memberikan pelatihan pengembangan diri dan manajemen diri bagi karyawan. Dengan adanya pelatihan-pelatihan pengembangan untuk karyawan, maka diharapkan karyawan memberikan performa baik untuk perusahaan.

Sebagai konsultan karir, tugas yang lain adalah membantu karyawan memetakan dan mengidentifikasi kemampuan dan potensi diri untuk perkembangan perusahaan. Hal ini juga dapat diterapkan untuk individu yang ingin berkonsultasi sebelum masuk dalam bursa kerja.

Administrator Tes Psikologi

Kamu tentu tidak asing dengan tes psikologi. Setiap instansi, sekolah, atau perusahaan saat ini menyisipkan tes psikologi untuk menyaring karyawan dan siswanya. Tes psikologi tersebut dirancang dan disusun oleh seseorang yang bertugas sebagai administrator tes psikologi.

Profesi ini bertugas untuk mempertimbangkan alat tes apa yang akan digunakan dan sesuai dengan kondisi organisasi, perusahaan, dan instansi untuk proses psikotes. Tugas administrator juga memberikan penilaian terhadap psikotes seseorang.

Konsultan Pendidikan

Konsultan pendidikan bekerja pada bidang-bidang yang berkaitan dengan pendidikan, terutama dalam pengembangan minat dan potensi seseorang saat belajar. Selain itu, konsultan pendidikan juga dapat memberikan masukan terhadap seseorang ketika mereka akan memilih pendidikan di jenjang yang lebih tinggi seperti menentukan universitas.

Profesi ini juga dapat membantu klien ketika menemukan kesulitan dalam belajar. Konsultan pendidikan sebaiknya memahami mengenai dunia pendidikan pada umumnya seperti sekolah atau universitas. Konsultan pendidikan tidak hanya bekerja dengan siswa tetapi juga orangtua siswa dan guru.

Menjadi Terapis Seni

Seni dapat menjadi media untuk menyeimbangan emosi dan mental. Ketika berkesenian yang berbeda dengan rutinitas kita sehari-hari, kita dapat mengekspresikan diri ke dalam media tersebut.

Seni dapat dilakukan oleh siapapun dan dari berbagai kalangan usia. Dengan terapi seni, seseorang diharapkan dapat melepaskan emosi negatif, membantu fokus dalam menyelesaikan masalah, dan memperkaya batin.

Terapi seni dapat digunakan untuk pendekatan yang non-verbal. Sebagai contoh, jika klien adalah seorang balita atau klien yang belum dapat menceritakan seluruh pengalamannya karena mengalami trauma berat.

Media seni pada terapi seni dapat berbagai macam sesuai dengan kebutuhan klien. Dengan adanya mediasi ini, seseorang diharapkan lebih mengekspresikan emosi dan perasaannya.

Untuk menjadi terapis seni, kamu dapat membuka jasa praktik sendiri atau bergabung dengan lembaga psikologi.

Konsultan atau Terapis Olahraga

Konsultan atau terapis olahraga merupakan pekerjaan yang dapat membantu atlet dalam meningkatkan dan mempertahankan performanya. Tujuan adanya intervensi psikologi pada bidang ini adalah mengetahui faktor psikologis seseorang dalam performa berolahraga dan kegiatan fisik seseorang.

Salah satu intervensi yang diberikan psikolog untuk klien adalah memberikan latihan badan sebagai media terapi dalam mengatasi stres dan depresi. Selain itu, psikolog olahraga juga dapat membantu para klien yang berprofesi sebagai atlet, pelatih, atau pengurus olahraga dalam memberikan asesmen terhadap sisi emosi, mental, dan kepribadian mereka.

Berkarir sebagai Human Resource Development (HRD)

Ketika membaca mengenai lowongan sebagai HRD, seringkali yang dibutuhkan pada posisi ini ada lulusan sarjana psikologi. Tugas HRD antara lain melakukan perekrutan dan seleksi karyawan baru di perusahaan, menentukan besaran gaji bagi karyawan sesuai dengan performa mereka, mengadakan pelatihan dan pengembangan pada karyawan perusahaan, serta menjamin mengenai kesehatan dan keselamatan karyawan yang lain.

Selain tugas-tugas di atas, HRD juga memiliki kewajiban untuk memberikan penilaian kinerja pada karyawan. HRD juga memiliki fungsi sebagai sarana mediasi antara karyawan dengan perusahaan apabila timbul konflik tanpa penyelesaian masalah.

Menjadi Psikolog di Lembaga Konseling Psikologi Online

Saat ini banyak sekali lembaga yang bergerak dalam konseling psikologi. Lembaga-lembaga baru tersebut menggunakan pendekatan yang lebih kekinian yaitu melalui sosial media.

Konseling pun ada yang tidak dilakukan dengan tatap muka, melainkan secara dalam jaringan (daring/online) melalui telepon, media chatting, atau video call. Konseling jarak jauh ini banyak diminati karena banyak orang yang tidak dapat mengakses layanan psikolog di daerah asalnya. 

Selain itu, banyak orang yang masih tidak percaya diri bahwa mereka membutuhkan jasa psikolog. Oleh karena itu, konseling daring ini banyak peminatnya. 

Menjadi psikolog yang memiliki platform sosial media juga dapat membantu banyak orang lebih menaruh perhatian terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan jiwa. Sosial media merupakan media yang dekat dengan klien.

Salah satu penyebaran perhatian melalui sosial media dengan berinteraksi melalui siaran langsung di sosial media atau melakukan tanya jawab terkait dengan permasalahan psikologi.

Bekerja di Lembaga Survei/Penelitian

Berdasarkan kompetensi yang telah disebutkan di atas, lulusan jurusan psikologi memiliki kemampuan untuk menyusun daftar pertanyaan untuk survei kualitatif maupun kuantitatif. Lulusan psikologi akan sangat dibutuhkan di lembaga-lembaga survei karena pada dasarnya survei ingin mengetahui preferensi seseorang terhadap suatu objek.

Salah satu lembaga yang survei dan penelitian yang dapat dicoba adalah lembaga yang bergerak dalam riset pasar. Saat ini kebutuhan menghimpun informasi serta data mengenai konsumen sangat tinggi.

Banyak perusahaan yang ingin mengetahui karakteristik konsumen baik secara umum maupun spesifik. Oleh karena itu, lulusan psikologi sangat dibutuhkan.

Dosen dan Peneliti

Salah satu peluang bagi lulusan psikologi adalah menjadi tenaga pendidik di perguruan tinggi atau dosen. Untuk menjadi dosen syarat yang harus ditempuh adalah lulus jenjang S2. Apabila kamu ingin meningkatkan karir, maka kamu juga wajib melanjutkan pendidikan hingga jenjang doktor atau S3.

Bekerja untuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Beberapa LSM yang bergerak pada pendampingan perempuan, anak, dan keluarga membutuhkan lulusan psikologi. Selain memiliki kompetensi untuk melakukan penelitian dan pendampingan pada masyarakat, orang dengan profesi psikolog juga dapat melakukan pendampingan konseling pada komunitas atau individu yang berada di lingkup LSM tersebut.

Bekerja untuk Pemerintah

Formasi jurusan psikologi baik jenjang S1, S2 Profesi Psikologi, dan S2 Psikologi juga banyak dibutuhkan dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Formasi yang dibutuhkan beraneka ragam tergantung instansi yang membutuhkan.

Kamu dapat mencoba untuk mengikuti prosedur penerimaan CPNS dan membaca syarat-syarat yang dibutuhkan.

Penulis

Jika kamu hobi menulis, kamu dapat menyalurkan hobimu tersebut dan siapa tahu menjadi profesi. Banyak situs yang menampilkan konten-konten mengenai psikologi dan hal ini dapat menjadi peluang untuk diikuti. Dengan latar belakang ilmu psikologi yang kamu miliki, kamu dapat berbagi pengetahuan mengenai ilmu tersebut.

Melalui profesi ini, kamu dapat juga mengembangkannya menjadi jurnalis khusus psikologi atau membuat kolom psikologi di media cetak maupun media daring. Pekerjaan ini akan membantu membuka wawasan banyak orang mengenai dunia psikologi.

Menjadi penulis buku di bidang psikologi juga dapat menjadi peluang tersendiri. Buku-buku mengenai pengembangan diri banyak diminati oleh pembaca. Buku dengan tema demikian dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin meningkatkan motivasi dan memetakan diri secara mandiri.

Buku pengambangan diri juga dapat membantu mendorong agar kita memahami diri sendiri dan mencintai diri sendiri. Dengan ilmu psikologi yang kamu miliki, kamu dapat mengembangan tulisan yang populer agar mudah diterima oleh khalayak luas.

Penerjemah Buku Psikologi

Penerjemah buku psikologi dapat berguna untuk orang-orang yang ingin mengakses berbagai macam buku tetapi terkendala bahasa. Untuk menjadi penerjemah, tentu kamu harus menguasai salah satu bahasa asing terlebih dahulu.

Dengan latar belakang pendidikan psikologi, kamu akan lebih memahami istilah-istilah psikologi dan dapat lebih mudah menerjemahkan dalam Bahasa Indonesia.

Psikolog Forensik

Indonesia masih kekurangan ahli dalam bidang ini menurut Ketua Umum Asosiasi Psikologi Forensik (APSIFOR), Reni Kusumowadhani (psikologi.ugm.ac.id/29 Januari 2019). Psikolog forensik dibutuhkan untuk mengetahui faktor kognitif, afektif, dan perilaku seseorang yang duga melakukan tindakan kriminal.

Psikolog forensik bekerja pada ranah yang berkaitan dengan terorisme, pemerkosaan, pembunuhan, hingga kasus korupsi. Psikolog forensik dapat memberikan bahan pertimbangan untuk para hakim sebelum menentukan keputusan akhir.

Profesi ini membantu penyelidikan polisi dalam menganalisis tindakan kriminal. Psikolog forensik akan memberikan masukan dan pertimbangan dari sisi psikologis pelaku, saksi, dan korban. Dengan adanya bantuan dari psikolog forensik, polisi juga akan mempermudah penyidikan apabila tersangka memiliki gangguan kejiwaan.

UX Researcher

Saat ini profesi sebagai User Experience (UX) Researcher banyak dibutuhkan. Hal ini mengingat karena banyaknya perusahaan-perusahaan teknologi yang mengembangkan aplikasi baru.

UX Researcher bertugas untuk memahami kebutuhan pengguna aplikasi berdasarkan pengalaman mereka menggunakan aplikasi tersebut. Dari pengalaman yang mereka dapatkan setelah menggunakan produk teknologi itu, akan ditemukan berbagai kendala seperti pada tampilan visual hingga kesulitan dan kemudahan menggunakan aplikasi tersebut.

UX Researcher bertugas mengumpulkan informasi dan data dari pengguna produk kemudian dianalisis. Setelah itu, sebagai UX Researcher, kamu akan bekerja dengan desainer, engineer, dan product manager untuk mengembangkan produk tersebut sehingga pengguna akan mendapat pengalaman lebih baik.

Lulusan psikologi dapat menjadi UX Researcher karena meskipun produk teknologi, tetapi pengguna teknologi tersebut tetaplah manusia. Produk akan disesuaikan dengan kebutuhan manusia.

Peluang Membuka Aplikasi Startup Berdasarkan Ilmu Psikologi

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Salah satu peluang untuk membuka usaha adalah mendirikan aplikasi berdasarkan ilmu psikologi. Lulusan psikologi tidak dituntut untuk kerja-kerja di bidang tertentu saja. Sekarang, perkembangan penerapan ilmu dapat lebih luas lagi.

Terdapat beberapa aplikasi seperti aplikasi konseling daring, tes IQ dan kepribadian daring, aplikasi untuk meditasi, dan lain sebagainya. Ilmu yang kamu dapat bisa saja lebih luas untuk digunakan.

Demikian pengenalan jurusan psikologi dan prospek kerja yang bisa kamu lirik jika ingin mengambil jurusan ini. Prospek kerja jurusan psikologi sangat luas dan beragam, tinggal kemauan kitalah untuk melangkah ke sana atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *